TAPUT,Bhayangkara News-Insan Pers adalah salah satu komponen penentu dalam pembangunan bangsa. Pers mampu menciptakan suasana kondusif apabila terus menyebarkan informasi-informasi menyejukkan yang dapat memotivasi masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan bangsa dan Negara kearah yang lebih baik.


 "Dalam hal ini organisasi pers hadir di kab taput bertujuan untuk melindungi kemerdekaaan pers dari campur tangan pihak lain,mengkaji pengembangan kehidupan pers,menetapkan dan mengawasi pelaksanaan kode etik jurnalistik,mempertimbangkan dan mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat,mengembangkan komunikasi antar pers, masyarakat, dan pemerintah,memfasilitasi organisasi-organisasi dalam menyusun aturan-aturan pers dan meningkatkan kualitas profesi kewartawanan,menginterventaris data-data perusahaan pers.


Ketum DPP SPRI sebelum melantik dan setelah datang memasuki sopo partukkoan langsung menerima pengalungan bunga dari KSB DPC SPRI Kab Taput yang disambut dengan tor-tor batak oleh 5 wanita penari tor-tor yang berparas cantik.


Sabtu, 23 April 2022  bertempat di sopo partungkoan Jalan Sisingamangaraja Kec Tarutung salah satu wadah organisasi DPC Serikat Pers Republik Indonesia yang menaungi pers di Kab Taput resmi di deklarasikan dan lantik oleh Ketua Umum DPP SPRI Bapak Haintje D Mendagie yang di nahkodai Ketua Dpc SPRI Taput Lamhot Silaban,Sekretaris Frist Manalu dan Bendahara Mangalattap Silaban.



 "Pada kesempatannya Ketum DPP SPRI menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Pengurus DPC SPRI Kab Taput yang sudah dilantik.


Sebaliknya Ketum menuturkan tentang mengingat sejarah berdirinnya SPRI, bahwa berdirinnya SPRI selaku wadah organisasi pers bukan lagi tergolong baru di bentuk, organisasi ini resmi di kukuhkan di jakarta pada tahun 2011,dan tentunya SPRI ikut memperjuangkan nasib Para Jurnalis di seluruh Indonesia," Pungkasnya 


"Untuk itu kami juga berperan dalam Perwujutan Sertifikasi wartawan secara resmi bekerja sama dengan Kementerian Kominfo Republik Indonesia dalam hal Pembentukan Karakter wartawan dalam hal Sertifikasi.


Lanjutnya,kini SPRI membuat suatu gebrakan dalam hal Sertifikasi Jurnalis dimana DPP SPRI Pusat membuat suatu Lembaga yaitu LSP (lembaga Sertifikasi Propesi) khusus untuk Wartawan yang sudah disertifikasi ke absahanya oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia, dan Lembaga sertifikasi Republik Indonesia,yaitu; Badan Nasional Sertifikasi Profesi(BNSP),"tutur Mendagie


 "Sementara Ketum disela memberikan kata sambutan dan arahannya seusai melantik Pengurus dan anggota DPC SPRI Kabupaten Tapanuli Utara.Ketum DPP SPRI berharap kepada pemerintah daerah agar memberikan perhatian dan dukungan terhadap terbentuk nya DPC SPRI Kabupaten Tapanuli Utara.


Lanjut Ketum DPP SPRI usai melantik dan menyampaikan kata sambutan juga menerima ulos batak berupa cendramata yang diserahkan seluruh pengurus DPC SPRI Kab taput sebagai kenang-kenangan kepada Ketum.


 Undangan yang hadir pada pelantikan SPRI,mewakili Bapak Bupati Tapanuli Utara ,Staff ahli Eliston Tobing,turut kata sambutan dengan  menyampaikan bahwa intinya Pemerintah Daerah Kab Taput siap mendukung  setelah dikukuhkan nya DPC SPRI Kabupaten Tapanuli Utara,"ucapnya Eliston.


 "Kemudian Ketua DPC SPRI Kab Taput Lamhot Silaban ST saat memberikan kata sambutannya dengan tegas dan berharap kiranya SPRI kedepan makin jaya di Tapanuli utara.


Lalu harapan Ketua DPC SPRI Taput, kepada seluruh pers yang sudah bergabung di SPRI saat ini agar selalu menjaga dan menjunjung tinggi profesionalisme sebagai penulis dan kode etik pers 



Kiranya rekan pers yang sudah bergabung di SPRI dapat menjadi barometer publikasi berita yang diminati pembaca berdasarkan media masing-masing,seperti di media onlie,elektronik, cetak.

 

"Bahkan kedepan kita mengharapkan adanya koordinasi yang baik untuk membangun kemitraan yang berkesinambungan  dengan Pemerintah Daerah dalam hal pemberitaan program perencanaan pembangunan di kabupaten tapanuli utara,"ujar Ketua  terpilih.


Seterusnya kedepan mari kita bangkitkan kembali tradisi kegotong royongan dan sosial budaya saling peduli yang kompak,kita solid,kita kuat,agar SPRI bergema,mari kita tancapkan tiang dan kibarkan atribut pataka SPRI Taput melalui pemberitaan yang mengedukasi dengan mencerdaskan secara lugas,akurat dan terpercaya yang juga berimbang di media masing-masing pers,agar organisasi SPRI kedepan semakin dicintai semua kalangan dalam hal informasi berita di masyarakat luas.


Sementara dalam Pelantikan DPC Serikat Pers Republik Indonesia Kabupaten Tapanuli Utara turut dihadiri Bapak Kapolres Taput yang diwakilkan, Pengadilan Negeri Taput yang diwakilkan dan dari kalangan satu profesi turut dihadiri utusan Pengurus PWI Taput Candra Sirait, begitu sejumlah pengurus dan anggota SMSI Taput ,serta undangan organisasi kepemudaan lainnya.


 "Secara keseluruhan Panitia Deklarasi dan Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pers Republik Indonesia Kabupaten Tapanuli Utara mengucapkan terima kasih atas bantuan masyarakat dan para sahabat,rekan,mitra dimana acara ini bisa terselenggara dengan baik,lancar, aman dan nyaman sesuai ketentuan aturan protokol Covid-19 dan rencana waktu yang sudah ditentukan.(Amir Hutabarat) Kabiro Taput