BANGKALAN || bhayangkara.news. - Sebelumnya setelah sempat beredar kabar perihal adanya ancaman Wali Murid yang akan lakukan aksi demo pada lembaga sekolah SDN Bangsereh 2, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur. Koordinator Wilayah (korwil) bidang pendidikan Kecamatan Sepuluh tinjau langsung ke lapangan. Jum'at (01/04/2022).

Saat ditemui di lokasi SDN Bangsereh 2 Maksum Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Sepulu, didampingi oleh Harsono Pengawas SD (sekolah dasar) wilayah Kecamatan Sepulu mengatakan bahwa kedatangannya ke lembaga SDN Bangsereh 2 ingin memastikan kebenaran terkait adanya keterlambatan pencairan dana PIP di lembaga sekolah tersebut.

"Saya hari ini turun ke sekolah ingin membenarkan apakah PIP ini sudah cair apa belum dan ternyata memang belum, kebetulan hari ini bisa dicairkan", Ungkap Maksum

Maksum mengungkapkan bahwa pembijakan dana PIP dilembaga sekolah SD tidak hanya terjadi di wilayah Kecamatan Sepulu saja, pembijakan dana bantuan tersebut juga terjadi di kecamatan lain yang berada di Kabupaten Bangkalan. Bahkan Harsono menegaskan pembijakan tersebut telah dilakukan oleh lembaga SD sekabupaten Bangkalan.

"Setelah buku diberikan diprint out wali murid itu bertanya, kenapa saya hanya menerima satu kali padahal ini dari dulu sudah dapat, karna pada saat itu masih banyak sekolah itu dibijaki untuk dibelikan seragam jadi gak dikasih berupa uang, makanya saya rekonsiliasi keseluruh kecamatan karna apa, memang rata-rata bukan hanya kecamatan Klampis yang dibijaki karna juga memang mengakomodir permintaan wali murid jadi bukan hanya disini yang membuat kebijakan mas",

"Sekabupaten Bangkalan membuat kebijakan mas, karna desakan wali murid itu", sahutnya pengawas disela Maksum memaparkan pada awak media.

lanjut Harsono menjelaskan bahwa dari tahun 2021 sudah ditegaskan untuk penyaluran dana bantuan PIP agar tidak ada lagi pembijakan dan harus diberikan utuh dalam bentuk tunai kepada siswa penerima. 

"Mulai tahun 2021 terus kedepannya, memang ditekankan tidak boleh diberikan berupa apapun kecuali uang", Ucapnya. (Red) RAMLI.