MEDAN [Bhayangkara News] - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Keluarga Besar Rang Tanjung (KBRT) Sumatera Utara dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Keluarga Besar Rang Tanjung (KBRT) Kota Medan, mengadakan Berbuka Puasa Bersama sekaligus Dialog Pengutan UKM, di Station Kupi pada hari Sabtu 23 April 2022. Tujuan kegiatan ini untuk memperkuat silaturahmi antar pengurus dan anggota, khususnya anggota UKM yang tergabung dalam KBRT.

Kita sengaja melaksanakan kegiatan Bukber ini dirangkaikan dengan Dialog Pengiatan UKM dikarenakan berdasarkan kajian singkat dan diskusi-diskusi dengan anggota, bahwa anggota KBRT ini kebanyakan pelaku UKM, akan tetapi masih memerlukan pengembangan dan akses dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkannya. Oleh karena ini kami KBRT Medan bersama dengan DPW KBRT Sumatera Utara, mengajak 2 (dua) Narasumber yang juga kader dan Penasehat KBRT Kota Medan, yakni dari Dinas Perdagangan Sumut Dr,M.Ridho Haikal MSi, dan Edi Syahputra ST,dari Komisi A DPRD kota Medan, demikian kata Ariffani Tjg, SH selaku Ketua Panpel/Ketua DPD KBRT Medan

Dalam kata pemaparannya Dr.M. Ridho Haikal MSi, mengajak anggota dan pengurus KBRT Sumut dan KBRT Kota Medan, agar dapat meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di era globalisasi dan modernisasi di zaman media digital saat ini. Kita para pelaku usaha di KBRT harus mampu bersaing di dunia usaha, salah satunya tinggalkan gaya prinsip lama. Saat ini sudah zaman digital, dan untuk mampu bersaing UKM harus memiliki legalitas yang cukup, seperti Nomor Ijin Berusaha (NIB) melalui online, yang sudah bisa di daftarkan tanpa di pungut biaya,tutur M.Ridho Haikal.

Dilanjutkan dengan paparan dari Edi Syahputra ST, dari Komisi A DPRD kota Medan. Beliau memaparkan bahwa kita harus saling mendukung dalam memperkuat pelaku usaha masyarakat KBRT di Sumatera Utara dan Kota Medan. Pada  seluruh masyarakat Minang khusus Keluarga Besar Rang Tanjung (KBRT), beliau siap membantu kalau ada pengurusan Kartu Keluarga (KK),Kartu Tanda Penduduk (KTP),Akte kelahiran,BJPS /Kis Gratis, Akte Perkawinan,Akte Penceraian dan Berkas yang belum siap,

Saya siap membantu nya, ungkap Edi Syahputra. Kelemahan kita selama ini adalah “miskin” akan data kependudukan dan izin-izin/legalitas, sehingga sulit untuk mendapatkan bantuan dan dukungan yang sangat banyak diberikan oleh Pemerintah. Contoh BPJS Klas III yang gratis, bagaimana bisa didapatkan jika KK saja kita tidak ada, tegas Edy yang juga sebagai Penasehat KBRT Medan ini.

Ketua DPW KBRT Sumut, Mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini, yang di dukung oleh Dr.M.Ridho Haikal MSi dari Dinas Perdagangan Sumut dan Edi Syahputra ST dari Komisi A DPRD kota Medan, serta DPD KBRT Medan yang telah mengagas kegiatan Dialog Penguatan UKM bagi KBRT Sumut dan KBRT Kota Medan. Kedua tokoh ini pun orang Minang yang bersuku Tanjung, dan Edi Syahputra ST, sumando dari suku Tanjung, tutur ketua KBRT Sumut Nasrul Tanjung didampingi oleh Sekretaris Faisal Tanjung SH.

Dari kegiatan ini ada beberapa kesimpulan sebagai rekomendasi dan tindaklanjut yakni, KBRT akan membentuk Pokja untuk Pembentukan Koperasi KBRT di Kota Medan dan Sumut, selain itu juga KBRT Sumut dan Medan akan membentuk SATGAS POSKO KBRT Peduli UMKM, yang akan membantu warga masyarakat dalam pengurusan semua izin-izin pribadi dan keluarga, seperti BPJS, KTP, KK, Bansos, BLT, KIS dan akte akte secaa gratis. Satgas ini bertugas untuk membantu, mendapingi warga yang kesulitan dalam mendapatkan hak-hak identitas dan haknya selaku warga masyarakat Indonesia. Terakhir kita akan membangun sistem data base, seluruh anggota KBRT di Sumatera dan Kota Medan khususnya, demikian kata Ariffani Tjg, SH dan Nasrul Tanjung, SH dalam kata penutupannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama, Sholat Magrib berjamaah dan makan bersama. [*Rel-KBRT Kota Medan]