TAPUT,Bhayangkara News-Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kabupaten,jenjang SMP tahun 2022,di ikuti sebanyak 240 peserta perwakilan dari 80 SEKOLAH se Kabupaten TAPANULI ,bertempat di SMP Negeri 1 Sigompulon Tarutung.31/03-22.

Para peserta bertarung dalam tiga mata pelajaran yang diperlombakan,yaitu Matematika,IPA dan IPS
 "Pada kesempatan tersebut Kadis dikbud Taput Bontor Hutasoit,S.IP.M.SP, diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Taput Ronal Silitonga.S.Sos, didamping para Kabid,Juga Korwil Kec dan para Panitia KSN mengatakan, para peserta anak-anak atau Siswa/Siswi KSN 2022 saat ini merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah SMP dari 15 Kec Kab Taput yang akan ditentukan menjadi pemenang peraih Juara KSN dan kemudian menjadi duta mewakili Kab Taput di ketingkat provinsi sumut Kedepan.

Juga Ronald mengatakan dengan tegas dan harapannya kepada para peserta anak didik,siswa/ siswi yang sedang bertarung mengikuti KSN hari ini,jika ingin meraih nilai terbaik untuk menggapai prestasi menentukan kemenangan merebut juara KSN,tidak ada kompetisi yang dapat dimenangkan tanpa kerja keras dan butuh persiapan yang matang.
Setiap anak-anak kami harus mampu dalam penguasaan materi ujian di tiga mata pelajaran yang sedang diperlombakan dan turut disampaikan selamat bertarung buat anak-anak kami tetap semangat,siapa pun nantinya para peserta anak didik yang menjadi pemenang merebut juara KSN dialah yang terbaik dari yang terbaik.

Melalui kompetisi ini, tersirat harapan agar para siswa dapat mencapai kompetensi tertinggi dalam mata pelajaran pilihannya, tetap bersemangat dan berprestasi, serta tidak menyerah dalam situasi pandemi,” kata Ronald

 "Sementara itu Damos Siahaan.S.Pd. M.Pd menambah kan bagi pemenang selain mendapat Tropy dan Uang Pembinaan untuk masing-masing Mata Pelajaran yang diperlombakan berhak menjadi Duta Taput untuk KSN Tingkat Provinsi Sumatera Utara
Adapun para pemenang Juara I,II,III dari setiap Mata Pelajaran dibaca kan oleh Mances Panjaitan Korwil Tarutung.adalah sebagai berikut:
I.Mata Pelajaran IPS
1.Daniel Berkat Bungaran Sitinjak SMP Negeri 3 MUARA SIATAS BARITA.
2.Johannes Immanuel Simanjuntak SMP Negeri 2 TARUTUNG
3.Abraham Cornelius Manalu SMP Negeri 4 Siborongborong.

II.Mata Pelajaran IPA
1.Rinaldi Nainggolan SMP Negeri 1 SIPOHOLON
2.Rehan EARNEST SITOHANG SMP FILADELHIA TARUTUNG
3.Rizki MICHAEL Jaya T SINAGA SMP Negeri 2 TARUTUNG

III.Mata Pelajaran MATEMATIKA
1 Alvando HABEL SIMARMATA SMP Negeri 2 TARUTUNG
2.Yepta Anugerah Sitompul SMP Negeri 3 MUARA SIATAS BARITA.
3.Bryan Jonathan SITORUS SMP FILADELHIA TARUTUNG

 "Seusai pengumuman sejumlah Siswa/Siswi pemenang peraih juara KSN Jenjang SMP Tingkat Kabupaten yang dihadiri sejumlah Kepala Sekolah SMP dan Guru Pembimbing Peserta KSN dari masing-masing perwakilan dengan semangat turut foto bersama dengan anak didiknya.

 Selanjutnya Kepala Sekolah SMP Neg 1 Kec Sipoholon Monang Manurung,S.Pd, dan Kepala Sekolah Negeri 2 Kec Tarutung Minneria Nababan,S.Pd,begitu juga Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Muara Kec Siatas barita Vanda Manurung,S.Pd,bersama-sama turut mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Bapak Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Taput,yang telah memprioritaskan  pelaksanaan program kegiatan ajang lomba KSN jenjang tingkat SD/SMP menjadi agenda tahunan untuk menjadi tolak ukur melihat hasil peningkatan sistem proses belajar mengajar disekolah SMP se taput.

Kemudian para Kepala Sekolah juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder satuan pendidikan maupun Kepada Panitia pelaksana KSN yang telah sukses menyelenggarakan ajang Lomba KSN jenjang pendidikan tingkat SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Taput.

 "Atas adanya Kegiatan ajang lomba KSN dijenjang tingkat SD/SMP se taput,Maka untuk tahun selanjutnya kami para kepala sekolah dan para guru tenaga akan lebih termotivasi kedepan. Kami akan lebih disipilin dan fokus  dalam penerapan sistem proses belajar mengajar di sekolah dengan menggunakan pendekatan hati,agar dapat memahami krakter,moral anak didik dalam menggali, mengembangkan dan meningkatkan potensi minat bakat kemampuan yang dimiliki anak didik kita.

Sebagai Kepala Sekolah dan Guru pembimbing dengan ini mengharapkan bagi anak didik yang sudah berhasil merebut kemenangan menjadi juara KSN tahun 2022 tutut mengatakan selamat atas keberhasilan prestasi yang diraih.

 "Bahkan untuk anak didik kami yang berhasil meraih prestasi dan menjadi pemenang juara KSN,jangan dulu merasa puas atas prestasi yang kita raih,karena kedepan kita masih akan berjuang mengikuti ajang lomba KSN mewakili Kabupaten Taput di tingkat Propinsi Sumut.

Ditekankan kepada anak didik kami,terus lah giat belajar, janganlah pernah malas,namun bagi peserta anak didik yang belum berhasil meraih prestasi jangan merasa kecil hati dan merasa kalah dari temannya yang menang, tetaplah semangat dan terus pacu belajar,kami tetap mengapreasi kalian karena sudah turut serta berjuang untuk mengasa kemampuannya melalui ajang Kompetisi Olimpiade Sains Nasional saat ini.

Ilmu adalah menjadi pintu menuju kesuksesan  buat generasi anak bangsa,jika kita terus giat belajar.ujar para Kepala Sekolah.(Amir Hutabarat) Kabiro Taput.