π™π˜Όπ™‹π™π™-𝐁𝐑𝐚𝐲𝐚𝐧𝐠𝐀𝐚𝐫𝐚.𝐍𝐞𝐰𝐬
Berdasarkan pantauan media online 𝐁𝐑𝐚𝐲𝐚𝐧𝐠𝐀𝐚𝐫𝐚.𝐍𝐞𝐰𝐬, di Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PERKIM) Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara,kamis 10/03-22 yang diperkirakan jam: 15:30 wib temukan pemasangan Bendera Merah Putih saat berkibar dalam kondisi robek dan kusam.

Dengan melihat kejadian tersebut, sangatlah miris dan memalukan, kenapa masih bisa terjadi pemasangan Bendera Merah Putih dalam kondisi rusak dan kusam.

"Seharusnya pemasangan Bendera Merah Putih dalam kondisi rusak tidak perlu terjadi. Namun apakah pengawai atau petugas yang memasang bendera dikantor PERKIM selama ini tidak melihat kondisi Bendera yang sudah rusak dan terkesan dibiarkan.

"Terkait hal adanya kejadian tersebut, berdasarkan UU tentang lambang Negara, Bendera, Logo, sesuai Pasal 234 RKUHP melakukan perbuatan lain terhadap Bendera, mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut atau kusam, mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain atau memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara bisa dihukum pidana, ancaman 5 Tahun penjara dan dengan Denda Rp 500 Juta Rupiah.

Bahkan disisi lain yang menjadi pertanyakan media dan masyarakat, apakah Dinas PERKIM tidak menampung anggaran untuk kegiatan rutin seperti pemeliharaan dan perbaikan maupun penggantian sarana prasana barang rusak.

"Sementara ketika awak media 𝐁𝐑𝐚𝐲𝐚𝐧𝐠𝐀𝐚𝐫𝐚.𝐍𝐞𝐰𝐬  ingin konfirmasi kepada Kadis PERKIM terkait temuan pemasangan Bendera yang kondisi rusak dikantornya, juga tidak ketemu, hanya menjumpai sejumlah siswa yang magang dan sedang melakukan piket diruang pelayanan lantai bawah Kantor tersebut.

Kemudian ketika awak media 𝐁𝐑𝐚𝐲𝐚𝐧𝐠𝐀𝐚𝐫𝐚.𝐍𝐞𝐰𝐬 menghubungi Kadis Perkim melalui nomor WhatsApp nya untuk konfirmasi minta tanggapan terkait temuan terjadinya pemasangan Bendera Merah Putih dalam kondisi robek dikantor yang dipimpinnya, sama sekali tidak merespon dan menjawabnya sampai berita ini ditayang redaksi.

"Sebelumnya awak media  𝐁𝐑𝐚𝐲𝐚𝐧𝐠𝐀𝐚𝐫𝐚.𝐍𝐞𝐰𝐬 sudah melayangkan konfirmasi kepada Kadis Perkim untuk mintai tanggapan sebelum berita ditayang terkait temuan pemasangan Bendera Merah Putih dikantornya tersebut, dalam hai ini maka awak media sangatlah menyesalkan sikap dari Kadis Perkim yang tidak mau merespon dan menanggapinya.

Namun ketika Sekdis Perkim dimintai tanggapan terkait kejadian pemasangan Bendera yang robek tersebut, lalu Sekdis menjawab dan menyampaikan trimakasih Pak, akan perhatian selanjutnya dan menjadi bahan evaluasi buat kami maupun terhadap petugas yang memasang Bendera.

𝚁𝚎𝚍 - 𝐌𝐚𝐭 π‘πšπ¦π₯𝐒