Muara enim bhayangkara news - 
selasa 29 maret 2022.team bhayangkara news dihubungi oleh ketua DPC aliansi Indonesia Divisi basus D-88 kab.muara enim, untuk mengawal lembaga aliansi Indonesia investigasi, terkait adanya laporan dari warga,adanya pencemaran limbah yang diakibatkan oleh bocornya pipa saluran minyak milik pertamina didesa gemawang. 
Dari hasil investigasi ketua DPC yang di dampingi wakil ketua DPC, saat meninjau ke lokasi tempat yang tercemar limbah minyak,dari bocornya pipa milik pertamina, jika dari keterangan warga yang kebetulan menjaga salah satu kebun yang tercemar limbah tersebut. 
Jika limbah minyak ini sudah ada sekitar satu minggu yang lalu,bahkan warga penjaga kebun tersebut menuturkan jika sumur yang biasa digunakan untuk mandi, saat ini sudah tidak bisa karena tercemar limbah minyak. 
Setelah kroscek kelapangan Ketua dan wakil DPC bersama team media bhayangkara news langsung melanjutkan perjalanan ke kota prabumulih,untuk konfirmasi kepada pihak pertamina, terkait limbah minyak pertamina tersebut, 

Team DPC LEMBAGA ALIANSI INDONESIA yang diketuai oleh Taufik hermanto,bersama media bhayangkara, mendatangi Kantor pertamina Prabumulih untuk mendapat klarifikasi terkait limbah minyak tersebut,
Melalui Humas dari pertamina DPC dan media bhayangkara news diterima oleh perwakilan PT.Pertamina Prabumulih.

Dalam pertemuan ini ada beberapa point pertanyaan dari DPC lembaga aliansi indonesia Divisi Basus D-88,kepada pihak pertamina,sebagai berikut,
1.siapakah yang bertanggung jawab atas bocornya saluran pipa minyak yang ada didesa gemawang. 
2.apakah ada kompensasi atau pergantian rugi yang di akibatkan oleh limbah minyak tersebut, 
3.siapakah mengerjakan dan pembersihan limbah minyak tersebut di lokasi yang tercemar. 
Dari ketiga pertanyaan tersebut pihak Humas dari pertamina telah menjawabnya,yang salah satu nya pelaksana untuk membersihkan limbah adalah pihak dari PT.elnusa,selaku perusahaan yang berkejasama dengan pihak pertamina. 

Team lembaga aliansi dan media bhayangkara news pun mencoba menemui pihak dari PT.elnusa, namun tidak bertemu dari pihak elnusa karena semua karyawan sudah pulang. 

Andi prayitno selaku wakil ketua DPC Lembaga aliansi indonesia Divisi basus D-88 kab.muara enim,menyayangkan pesan kades desa gemawang kepada warga, untuk melarang siapa pun yang datang melihat lokasi pencemaran limbah minyak, yang diakibatkan oleh bocornya pipa pertamina,saat wakil ketua DPC LAI Divisi basus D-88 mencoba menghubungi kades gemawang di hadapan pihak Humas pertamina Prabumulih nomor kontak kades tidak aktiv.
Sampai berita ini terbit media bhayangkara news belum mendapat keterangan dari pihak Humas PT.elnusa dan kepala desa gemawang. 
Red- (Aryanto - Sulaiman/Joi