๐˜ฝ๐™–๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™ก๐™–๐™ฃ ๐™ˆ๐™–๐™™๐™ช๐™ง๐™–-๐๐ก๐š๐ฒ๐š๐ง๐ ๐ค๐š๐ซ๐š.๐๐ž๐ฐ๐ฌ
Untuk mendukung peningkatan produksi pangan, Selasa pagi 29/03/22 koordinator penyuluh pertanian Amirotul Husna, S.TP dan Anas Masykuri, S.P selaku PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Pendamping Desa Klabetan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, Turun langsung untuk mendampingi kelompok tani mutiara tani bertanam padi dengan sistem Jajar Legowo (JARWO).

"Amirotul Husna selaku koordinator di Kecamatan Sepulu melalui Anas Masykuri selaku penyuluh pendamping lapangan Desa Klabetan saat di konfirmasi melalui telpon seluler mengatakan tujuan kami turun langsung kelapangan untuk melakukan penyuluhan pertanian dan pendampingan, agar kelompok tani paham cara menanam dengan sistem Jajar Legowo (JARWO) sehingga nanti nya petani dengan menerapkan sistem tanam Jajar Legowo (JARWO) bisa meningkatkan hasil pertanian dengan maksimal,"ucap nya.

"Kegiatan pendampingan yang kami lakukan mulai dari kegiatan penyuluhan, bercocok tanam sampai panen merupakan sebagai bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat atau kelompok tani binaan sehingga memperlancar kerjasama dengan petani,"lanjutnya.

Dengan adanya kegiatan pendampingan ini akan terus terjalin hubungan yang harmonis antara kami sebagai pendamping pertanian dengan masyarakat/kelompok tani binaan,"tegasnya.


Sementara ketua kelompok tani Mutiara Tani Sumo mengatakan, dirinya senang dengan adanya pendampingan dari pihak Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sepulu. 

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) yang ada di Kecamatan Sepulu Sebab dirinya belum pernah menggunakan sistem tanam Jajar Legowo (JARWO), karena keterbatasan pemahaman. 

“Dengan adanya pendampingan ini tentunya menambah pola berpikir, sehingga kita juga harus mengikuti perkembangan terutama di sektor pertanian,"tutupnya.

๐š๐šŽ๐š - ๐Œ๐š๐ญ ๐‘๐š๐ฆ๐ฅ๐ข