TAPUT,Bhayangkara News-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan laksanaan olimpiade sains nasional SD/MI tingkat Kabupaten Taput tahun 2022 yang bertempat digedung ruangan sekolah swasta St Santa Maria Tarutung,selasa 22/03.

Sebelum olimpiade sains nasional dibuka oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bontor Hutasoit yang didampingi Kabid Tendik J Lubis,Kabag umum E Sihombing  dan panitia kegiatan OSN,juga seluruh Korwil Pendidikan dari 15 Kecamatan.
"Selanjutnya kegiatan diawali dengan upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diteruskan Doa bersama ditengah lapangan komplex sekolah santa maria tersebut yang di ikuti seluruh anak didik peserta OSN yang akan berkompetisi hari ini,yang didampingi seluruh Kepala Sekolah perwakilan dari setiap kecamatan ditaput.

Pada kesempatan pembukaan acara kegiatan OSN tersebut Kadis menyampaikan kata sambutan dan memberi motivasi semangat kepada Kepala Sekolah dan Guru tenaga pengajar yang turut mendampingi maupun kepada seluruh peserta siswa-siswi anak didik yang turut mengikuti kompetisi saat ini. 
"Bahkan Kadis mengucapkan selamat atas pelaksanaan kompetisi OSN hari ini semoga sukses dan lancar sampai diakhir kegiatan.

Buat siswa/siswi anak didik kami yang akan mengikuti OSN Perwakilan sekolahnya dari setiap kec agar fokus mengisi soal-soal ujian yang ada agar mendapatkan nilai terbaik.

"Mari anak-anak kami selalulah giat belajar" karena Pendidikan adalah pintu ruang menimba ilmu sebagai bekal untuk menggapai cita-cita menuju sukses generasi anak bangsa kedepan"

Maka dengan dilaksanakan kegiatan OSN saat ini adalah maksud dan bertujuannya merupakan salah satu wadah strategi untuk mereleasasikan peningkatan mutu pendidikan yang berdampak positif,pada peningkatan kualitas pendidikan sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Kemudian tujuan utamanya mengembangkan minat bakat siswa/siswi di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkrasi dengan mengembangkan seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya,intlektual,emosional,dan spritual ,berdasarkan norma-norma yang berahlak baik,yang sehat sehingga peserta didik dapat memacu kemampuan bernalar.

"Berikutnya untuk memotivasi institusi lembaga pendidikan dan kepala sekolah da  guru untuk meningkatkan kualitas dibidang matematika dan IPA dijenjang SD/MI sederajat dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan  didalam melihat hasil peningkatan proses belajar mengajar kita selama ini untuk sebagai tolak ukur dasar perengkingan untuk pencapaian nilai terbaik bagi siswa-siswi anak didik yang sudah siap tampil mengikuti kompetisi OSN,agar dapat dibina untuk dipersiapkan mewakili kompetisi OSN ke tingkat Provinsi Sumut dari Kab Taput kedepan,"terang Kadis.

Dalam kesempatan tersebut,diwaktu yang sama pada pembukaan kompetisi OSN SD/MI tingkat KabupatenTapanuli utara, Kabid Pembinaan J Lubis melaporkan bahwa Kegiatan Kompetisi OSN sekolah tingkat SD di Kab Taput siap dilaksanakan sebagaimana yang sudah dijadwal pada hari ini dan harapanya kepada seluruh peserta siswa/wi anak didik yang  turut serta ikut berkompetisi diajang OSN perwakilan dari setiap kec saat ini,agar seluruhnya  tetap semangat,karena kalian adalah anak-anak yang mempunyai kesempatan terbaik saat ini,untuk menunjukkan kemampuannya dalam meraih Nilai terbaik dikompetisi OSN tingkat Kab Taput,"ucap Kabid.22/03.(Amir)