TAPUT,Bhayangkara News- Aksi peduli lingkungan desa bersih untuk membangkitkan kembali nilai semangat gotong-royong di tengah masyarakat yang dilaksanakan Pemuda-Pemudi Pengurus Karang Taruna Desa Parbaju julu,Kec Tarutung,Kabupaten Tapanuli Utara-Sumut.
"Dalam kegiatan tersebut,pengurus karang taruna melakukan aksi peduli desa lingkungan bersih dengan memungut sampah dan mengorek lumpur yang berada dalam saluran drainase bondar panaharan yang selama ini sudah mengganggu dampak lingkungan dan selalu menimbulkan bau busuk.
Lokasi dimulainya aksi kegiatan pembersihkan lingkungan disepanjang jalan dan saluran parit desa oleh Karang Taruna berawal persis dari jalan  pintu keluar masuk dusun III di belakang Kantor OPD Dinas PUPR Taput.Sabtu 12/(18/10/2020). 

"Aksi peduli lingkungan bersih-bersih sampah dan pengerukan endapan lumpur  dari saluran dalam rangka membangkitkan dan menyadarkan kembali semangat gotong-royong diseluruh pemangku masyarakat desa.
Bahkan semangat gotong-royong dimasa dulu rutin dilakukan dan menjadi satu tradisi dimasyarakat desa untuk selalu menjalin kebersamaan maupun kesatuan persatuan dari semua unsur kelompok masyarakat didesa,"terang Guntur selaku Ketua Karang Taruna.

"Namun selain melakukan gotong-royong penataan lingkungan dengan pungut sampah dan pengerukan lumpur dari parit, ada juga beberapa agenda program karang taruna kedepan untuk melakukan sosialisasi dan pembinaan anak-anak kami remaja dalam hal pengaruh dan dampak lingkungan.

Dengan harapannya kedepan para pemuda-pemudi desa harus bersemangat dan diharapkan menjadi pelopor yang urut serta membantu mewujudkan rencana pelaksanaan pembangunan desa melalui  swadaya padat karya, berdasarkan peran dari keberadaan Karang Taruna yang ada didesa. 

"Selanjutnya pada kesempatan tersebut Ketua Karang Taruna Desa Parbaju julu,Guntur Hutabarat didampingi, Sekretaris Pantur E Siagian dan Bendahara, juga anggota lainnya yang tidak dapat disebut namannya satu persatu.mengatakan, aksi kegiatan peduli deaa lingkungan bersih  ini bekerjasama dengan Dinas PUPR Taput dalah hal pengangkutan sampah dan endapan lumpur yang sudah dikeruk dari saluran drainase  bondar panaran yang tidak lagi berpungsi selama kurang lebih 15 tahun.

Mudah-mudahan Karang taruna konsisten melaksanakan apa kewajibannya. Juga menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang nyaman dan sehat,”ucap pengurus.

"Bagaimana kita kembali mendorong kesadaran masyarakat akan penting gotong-royong,sesuai ajaran Pancasila sila ke tiga, yaitu Persatuan Indonesia.

“Maka dari itu, kami ingin menyadarkan kembali tentang nilai-nilai dan ajaran tersebut. Karena, bagaimana pun Indonesia adalah bangsa yang mempunyai ideologi dasar negara, yang mempunyai pandangan bangsa. Yaitu Pancasila dan gotong-royong adalah salah satunya,” tuturnya.

Jiwa raga gotong-royong dimasyarakat desa selama ini sudah semakin pudar“Jangan hanya mengandalkan sejumlah uang untuk membantu, tapi aksi terjun langsung bersama-sama itu akan menjadikan nikmat tersendiri bagi kita semua,” pintanya.

"Sementara itu, Kepala Desa Tolhas Hutabarat dan tokoh masyarat atau Penasehat Karang Taruna Jannes Hutagalung sangat mengapresiasi kegiatan aksi peduli lingkungan desa bersih yang dilaksanakan Karang Taruna bersama masyarakat"Pasalnya, aksi sosial seperti ini merupakan kegiatan yang positif. Terlebih ini melibatkan kalangan pemuda pemudi dan para remaja desa.

Kemudian kami selaku Pemerintah Desa dan Pengurus Karang Taruna desa Parbaju julu,juga menyampaikan terimakasih tehadap Bupati maupun Kadis OPD PUPR taput atas bantuan partisifasi memberdayakan mobil truk untuk turut membantu mengangkut sampah dan endapan tanah lumpur yang sudah dikeruk dari saluran drainase tersebut.

Kami sangat senang dengan adanya aksi kegiatan gotong-royong ini,harapan Kepdes dan seluruh masyarakat supaya menjadi agenda rutiin didesa untuk seterusnya.demikian harapan Kepdes.(Amir Sauduran)