Bhayangkara.news-
Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir Tahun 2023, bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, Jumat 4/02/2022.

Forum konsultasi publik Ranwal RKPD ini merupakan rangkaian dari sistem perencanaan pembangunan daerah untuk memenuhi amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang merupakan satu kesatuan untuk menghasilkan rencana-rencana pembangunan dalam jangka panjang, menengah dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat pusat dan daerah.
Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perhatian pemerintah pusat dan provinsi, yang telah melaksanakan pembangunan di Kawasan Pariwisata Strategis Nasional Danau Toba, khususnya di Kabupaten Samosir. 

Beliau juga mengatakan bahwa

"pembangunan ini merupakan kerja keras serta kerja sama dari seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Samosir pada semua tingkatan, yang didukung penuh oleh DPRD Kabupaten Samosir, FKPD Kabupaten Samosir dan seluruh elemen masyarakat" ujar Wakil Bupati Samosir.

Melalui forum ini, Wabup mengharapkan adanya sumbangsih saran, masukan, serta kritik yang membangun dan menawarkan solusi guna penyempurnaan dokumen RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2023. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dan penyampaian pokok-pokok pikiran oleh Sekretaris Bappeda Kab. Samosir, Kepala BPS Kabupaten Samosir dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah. 

Setelah melalui pendiskusian dan sesi tanya jawab, serta tanggapan oleh seluruh peserta Rancangan Awal RKPD, hasil dari forum tersebut dituang dalam berita acara hasil kesepakatan konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Samosir dalam penyusunan RKPD Tahun 2023, yang ditandatangani Wakil Bupati Samosir selaku Pimpinan Rapat dan beberapa perwakilan peserta konsultasi publik tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala BPS Kabupaten Samosir, Sekretaris Daerah Kab. Samosir, Staff Ahli, Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah dan Camat Se-Kabupaten Samosir, tokoh agama dan masyarakat, LSM dan Insan Pers.