Kota Bima, NTB.(Bhayangkara.News)
Minggu, (6/2/2022) dalam Press Release nya, Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban (UU LPSK). Pasal 10, ayat (1) dan (2) yang berbunyi :
(1) Saksi, Korban, Saksi Pelaku, dan/atau Pelapor tidak dapat dituntut secara hukum, baik pidana maupun perdata atas kesaksian dan/atau laporan yang akan, sedang, atau telah diberikannya, kecuali kesaksian atau laporan tersebut diberikan tidak dengan iktikad baik.
(2). Dalam hal terdapat tuntutan hukum terhadap Saksi, Korban, Saksi Pelaku, dan/atau Pelapor atas kesaksian dan/atau laporan yang akan, sedang, atau telah diberikan, tuntutan hukum tersebut wajib ditunda hingga kasus yang ia laporkan atau ia berikan kesaksian telah diputus oleh pengadilan dan memperoleh kekuatan hukum
tetap.


Lewat Media Bhayangkara.News, Al.IMRAN mengungkapakan, Minggu ini Saya akan bersurat dan meminta kepada LPSK agar melakukan pengecekan atas laporan dugaan korupsi dana covid yang kami ajukan pada KPK, apakah laporan kami lakukan dengan itikat tidak baik? 


Apabila laporan kami dilakukan dgn beritikad baik maka kewajiban LPSK melindungi secara hukum sebagaimana ketentuan perundang-undangan. Pelapor dugaan korupsi tidak dapat dituntut secara pidana maupun perdata. 
Dan juga bersurat kepada KPK agar dilakukan supervisi atas penanganan dugaan korupsi dana covid-19 Kota Bima tahun anggaran 2020 antara Kejaksaan Tinggi NTB dgn KPK sebagaimana ketentuan UU KPK dan Perpres. 


Perpres Nomor 102 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Supervisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi merupakan aturan turunan dari UU 19 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas UU 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


Supervisi sebagaimana kita ketahui merupakan kegiatan pengawasan, penelitian, atau penelaahan terhadap instansi yang berwenang melaksanakan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi guna percepatan hasil penyelesaian penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi serta terciptanya sinergitas antar instansi terkait, Pungkasnya.(Jen)