TAPUT,BHATANGKARA NEWS-Masyarakat dan pemerhati pembangunan desa soroti dengan menilai hasil pekerjaan bangunan jalan rabat beton yang sudah selesai dikerjakan diperkirakan memiliki kualitasnya buruk dan diduga campuran pasangan semen cornya tidak sesuai standart spesifikasi kontruksi pekerjaan rabat beton yang terletak di Dusun I  sitolubahal Desa sisunggulon Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara,Sumatera Utara.

Kemudian kami warga kembali menyebutkan ketika pada tahap pelaksanaan pembangunan rabat beton tersebut dikerjakan seakan secara asal-asalan. Kenapa? kami menilai seperti itu di sebabkan kondisi hasil bangunan jalan rabat beton sudah mengalami rusak di beberapa bagian titik permukaan badan jalan. 
"Sementara masyarakat mengetahui bahwa bangunan rabat beton yang ada baru  seumur jagung,” terang T.Hutabarat selaku warga desa setempat..

Disebutkan kegiatan bangunan rabat beton di dusun sitolu bahal merupakan satu dari beberapa program pembangunan infrastruktur tahun 2021 dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD)yang telah menelan anggaran ratusan juta rupiah,"ungkapnya dengan kesal.27/01

"Bahkan  ketika mantan kepala desa sosunggulon saat di konfirmasi oleh awak tim media yang turun kelokasi dengan meninjau hasil pekerjaan rabat beton tersebut dan menemukan adanya berbagai kejanggalan,secara khusus keretakan yang terjadi dipermukaan rabat beton,tidak memiliki mutu kualitas yang baik dengan hasil yang buruk.

Lebih lanjut menanggapi hal tersebut, mantan Kapala Desa Sisunggulon,Togi Hutabarat tidak memberi tanggapan ketika awak media mengirim hasil pekerjaan rabat beton yang sudah mengalami retak-retak dan pasangan campuran semen cornya,juga tidak menggunakan dilatasi yang terindikasi memiliki kualitas buruk seakan dikerjakan secara asal-asalan yang diduga dilaksanakan tidak sesuai aturan dan standart spesifikasi metode kontruksi rabat beton,di dalam  sistem pasangan campuran semen cor yang baik. 

Lalu untuk pemberitaan lebih lanjut yang berimbang  tim awak media tetap bersabar menunggu respon dan  tanggapan  mantan kades yang sudah berakhir menjabat priode THN 2021 tidak memberi tanggapan sampai berita ini diterbitkan

"Melalui hasil pemberitaan ini,dimohon untuk  APIP sebagai tim pengawas dari kabupaten agar turun gunung demi menunjang pembangunan didesa yang lebih  tepat sasaran dengan baik untuk mendukung program nawacita presiden RI JOKOWI demi pembangunan jangka panjang, juga dimohon kepada Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan agar ikut peduli dan memerintahkan instansi terkait untuk meninjau pekerjaan proyek rabat beton dari dana desa(DD)tahun  2021 yang bersumber dari bantuan APBN,"harap warga.01/02(Amir)