Mataram, NTB.(Bhayangkara.News) Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar latihan gabungan (Latgab) peningkatan kemampuan pam event, Pra Musim dan Race MotoGP Mandalika 2022.

Latihan gabungan itu diikuti oleh anggota polisi dari Dit Intelkam, Ditlantas dan Brimobda Polda NTB, bertempat di lapangan Bhara Daksa Mapolda NTB.

Latgab itu berlangsung selama empat hari, mulai Senin tanggal 24 hingga Kamis 27 Januari 2022.


Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto SIK M.Si di kantornya, Senin (31/1/2022) mengatakan, salah satu upaya Polda NTB menyukseskan event MotoGP Mandalika Maret mendatang yakni dengan memantapkan personel yang akan bertugas melakukan pengamanan dan pengawalan saat MotoGP Mandalika mulai digelar, baik Pra Musim atau Race nanti.


"Senin hingga Kamis kemarin sejumlah personel kepolisian dilatih ketangkasan dan kemampuannya untuk mengamankan Event MotoGP Mandalika, dalam latihan gabungan tiga Satker Polda NTB yakni Dit Intelkam, Ditlantas dan Brimobda," jelasnya.

Dijelaskan, rangkaian kegiatan dalam latihan gabungan itu meliputi, kemampuan taktik dan teknis Walpri, kemampuan pemeriksaan menggunakan Metal Detektor, kemampuan mengoperasikan X-ray dan Secdoor, kemampuan taktik dan teknis Deteksi Ancaman, kemampuan taktik dan teknis Rekayasa Lalu Lintas dan kemampuan sterilisasi.


Peserta yang ikut dalam Latgab itu berjumlah 64 orang, 49 orang dari Ditpamobvit, 5 orang dari Dit Intelkam, 5 orang dari Ditlantas dan 5 orang dari Sat Brimobda Polda NTB.

Sarana dan prasarana yang diterjunkan dalam Latgab itu antaranya, Kendaraan R4 3 unit, Alsus X-ray 1 unit, Alsus Secdoor 3 unit dan Metal Detektor 8 unit.


Hasil yang ingin dicapai dalam Latgab itu, Personel memiliki kemampuan sebagai Walpri, Rekayasa atau penyekatan arus lalu lintas, deteksi dini potensi ancaman yang terjadi dan Kemampuan mengoperasikan peralatan deteksi logam  X-ray,  Secdoor, metal dan detektor.


Berikutnya, Personel dapat berkolaborasi dan sinergitas dalam melaksanakan tugas pengamanan event pra musim MotoGP dan dapat memahami tata cara penggunaan/ operasional peralatan khusus X-Ray dan Secdoor sehingga siap ditugaskan pada saat penggelaran event.


"Alhamdulillah Latgab berjalan lancar, tujuan pelatihan tercapai, dan yang paling penting lagi, petugas sudah siap menjalankan tugas pengamanan MotoGP baik Pra Musim atau saat Race nanti," pungkasnya.(Jen)