Kota-Bima(bhayangka.news)-  Tahun 2022 menjadi tahun penentu, di mana figur sudah bisa memproklamirkan diri siap maju menjadi bakal calon Walikota Bima untuk Periode 2024 - 2029. 

Pilkada Kota Bima yang seharusnya digelar 2023, dipastikan diundur tahun 2024. Hal ini berdasarkan aturan Pilkada terbaru akan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Akan diseragamkan dalam menekan biaya dari APBN dan APBD yang digelontorkan. 

Menghadapi rencana Pilkada Kota Bima tersebut, ada beberapa nama yang akan ambil bagian. Sebut saja Syamsurih, SH, akan maju dan ambil bagian dalam Pencalonan sebagai Bakal Calon Walikota Bima kedepan. 
Syamsurih yang juga salah satu unsur Pimpinan DPRD Kota Bima Fraksi PAN menyatakan diri akan maju sebagai Bakal Calon Walikota Bima dengan catatan, bilamana kran Pilkada sudah dimulai. Komunikasi dan konsolidasi Politik sudah mulai dibangun. 

Termasuk adanya aspirasi sejumlah tokoh masyarakat dari wilayah dapil yang menghantarkan diri menjadi wakil rakyat, juga dari beberapa wilayah lain di Kota Bima. 

Syamsurih menepis semua isu soal dirinya yang akan disandingkan dengan Walikota sekarang sebagai cikal bakal pendamping. Bagi syamsurih semua lumrah dalam politik. Biarkan dinamika politik terus berkembang. Karena siapapun yang ingin tampil di Pilkada Kota Bima, itu hak warga negara yang memiliki kedudukan dan hak yang sama sebagai warga negara. 

Nama H. Arrahman H. Abidin juga dinilai masih sangat kental dengan masyarakat, dan sudah menyatakan diri akan kembali maju sebagai orang nomor satu. Begitupun dengan Rian Kusuma Permadi (RKP), Juga akan maju. Sebaliknya dengan Subhan HM. Nur, SH dipastikan kembali naik pentas. 

Ferry Sofiyan S.H. bahkan tidak mau ketinggalan kereta, bahkan tekad dan semangat siap maju dengan sendiri sudah diumumkan. Disamping itu juga sejumlah nama lain dari luar daerah siap balik kampung. 

Syamsuri meyakini bahwa Pilkada Kota Bima kedepan akan diramaikan oleh bakal calon dari dalam maupun luar daerah. 

Selain nama disebutkan juga muncul beberapa nama bakal calon lainnya. Diantaranya, Hj. Fera Amalia, HM. Natsir, Khalid Bin Walid, Hj. Ellya Alwaini, Alfian Indra Wirawan, M. Munandar, Magdalena dan AKBP H. Salahudin.(Jen)