TAPUT(BHAYANGKARA NEWS)-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi beberapa pimpinan OPD memberikan bantuan kepada Petani dan Peternak Lebah Kecamatan Siatas Barita bertempat di Aula Rimba Lestari Kecamatan Siatas Barita. (Senin, 10/01/2022). 

"Dengan rasa bangga Bupati Nikson Nababan dalam hal ini mengucapkan Terima Kasih kepada masyarakat Siatas Barita atas terlaksananya arahan dari Pemerintah dan Bupati menegaskan bahwa Siatas Barita harus menjadi Ikon Wisata Ternak Madu.
"Kemudian untuk pemberian bantuan selanjutnya akan kita siapkan 10 ribu kotak madu dan 5000 lagi pohon berbuah.
Dikatakannya sebagai kepala daerah tugas saya mendukung kemajuan ekonomi masyarakat melalu bantuan ini.
"Namun itu semua akan sia-sia bila kita tidak  bersinergi.Untuk itu Kita harus kompak dan bekerjasama. Harapannya" dengan adanya ternak madu Siatas Barita saya yakin akan semakin maju, tapi para  kepala Desa  harus inovatif  dan bekerja kreatif,memiliki ide-ide baru untuk membangun," ujar Bupati Nikson Nababan.

"Saya yakin Siatas Barita  bisa semakin maju dengan Kepala Desa yang baru untuk bekerja bijaksana dan cerdas. Lanjut kedepan kita harus semangat membangun Kecamatan Siatas Barita dan kiranya bisa mejadi pelopor yang bisa ditiru oleh kecamatan yang lain. Maka kedepannya saya berharap dengan Dana desa bisa mandiri membuat kotak madu dan mesin ekstraktor dan juga  untuk membangun infrastruktur di kecamatan Siatas Barita demi kelancaran Ekonomi," tutur Bupati Tapanuli Utara 

Dengan mengakhiri arahannya Bupati Nikson Nababan menekankan kepada  masyarakat yang menerima bantuan agar bertanggungjawab penuh atas bantuan yang diberikan dan  bantuan ini dapat dilaksanakan, dipergunakan secara profesional, kontinew dan konsisten.
 
"Dalam kesempatan tersebut, sebagai wujud mendukung budidaya Lebah Madu Bupati Tapanuli Utara memberikan bantuan melalui Dinas Ketenagakerjaan berupa Kotak Madu sebanyak 1000 buah dan mesin ekstraktor Madu sebanyak 2 unit, dimana Kotak Madu dan Mesin tersebut merupakan Buatan UPT. BLK Silangkitang Tapanuli Utara.

Adapun sejumlah desa penerima Kotak Madu oleh Peternak Desa yaitu dari Desa Simanampang, Lobuhole dan Sidagal. Penerima Mesin Ekstraktor yaitu Bumdes bersama tiga desa yaitu Desa Simanampang, Lobuhole dan Sidagal.

"Berdasarkan atas permohonan masyarakat Kecamatan Siatas Barita, Bupati Nikson Nababan juga Menyerahkan bibit tanaman berbuah dengan jumlah total 5.000 bibit yaitu 2.000 bibit durian, 1.000 bibit Alpukat dan 2.000 bibit Makademia dengan penerimanya adalah 12 Desa kecamatan Siatas Barita dan diberikan langsung oleh Bupati Nikson Nababan secara simbolis kepada masing-masing Kepala Desa.

Di kesempatan sama, perwakilan 12 Kades memberikan kata sambutan. Mereka menyatakan bawah mereka komit untuk mendukung, apapun arahan Bapak Bupati Nikson Nababan 100 persen siap dilaksanakan dan mendukung program-program yang akan di laksanakan oleh Bapak Bupati.
"dengan semangat perwakilan kepala desa menyampaikan bahwa bantuan Bapak Bupati yang luar biasa ini,dan sangat berarti bagi kami. Ini sangat mendukung bertambahnya ekonomi di kecamatan kami.
atas nama kepala desa siatas barita dan masyarakat,kami sangat berterima kasih dan terharu atas perhatian bapak, kami berdoa selalu buat Bupati", ucap salah satu kepala desa.

Diwaktu sama Perwakilan Tokoh Masyarakat menyerahkan dekke sitiotio sebagai ucapan terima kasih kepada Bupati dengan doa dan harapan mereka untuk kepemimpinan Bupati Nikson semakin baik ke depannya dan mereka siap mendukung semua program Bupati Nikson Nababan.
"Dikatakan kami masyarakat bangga kehadiran Bupati di desa ini. Terima kasih yang sebesarnya buat Bupati atas bantuannya bagi kami. Kami sangat terharu atas perhatian Bapak Bupati. Kami doakan yang terbaik buat Bapak".

Lanjut dalam kesempatannya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sofian Simanjuntak memberikan Laporan dan  menjelaskan bahwa 1000 kotak madu dan mesin ekstraktor yang diberikan adalah produksi balai latihan kerja(BLK) 
Kab Taput.

"Bahkan melalui mesin ini hasil panen lebah madu akan menjadi dua kali lipat dari biasanya dan Melalui bantuan ini masyarakat akan panen 2 kali lipat dari sebelumnya. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya sampaikan bahwa dengan bantuan tersebut, diharapkan ketiga desa ini akan dapat menghasilkan 2 miliar per tahun" ujar Kepala Dinas ketenagakerjaan.

Turut menghadiri kegiatan sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat Siatasbarita, para Kepala Desa Siatas Barita, Tokoh Masyarakat dan Para Petani dan Ternak Lebah.12/01(Amir)