TAPUT(,Bhayagkara News)-Dalam rangka mewujudkan  program pembangunan desa lumban siagian julu sesuai RPJMDES dan APBDES Tahun 2021,Pemerintah desa melalui bidang pembangunan terus berupa lakukan pembenahan dan penataan lingkungan pemukiman desa dengan kegiatan pembangunan fisik infrastruktur sarana prasarana drainase yang juga bertujuan dapat dimanfaatkan menjadi multi fungsi untuk mengairi areal pertanian persawahan masyarakat yang dikerjakan secara swakelola melalui dana desa.
"Menurut keterangan kepala desa lumban siagian saat diwawancarai melalui seluler nya terkait adanya kegiatan pembuatan drainase disekitar dusun,desa lumbansiagian julu untuk memperlancar arus pembuangan air pemukiman dan juga manfaatnya tidak terlepas bersentuhan langsung ke areal lahan pertanian untuk digunakan sebagai saluran irigasi persawahan.

Lanjutnya, namun sebelum drainase lingkungan atau saluran irigasi tersebut dibangun,sudah merupakan program prioritas kebutuhan pembangunan desa sesuai usulan hasil musyawarah masyarakat desa ini,'tutur kepala desa.

Terpisah saat sekretaris desa lumbansiagian julu juga diwawancarai untuk memberi penjelasan dikantor desa tentang pelaksanaan kegiatan pekerjaan saluran drainase pemukiman desa yang direncanakan dapat bermanfaat untuk sarana prasarana mengairi areal lahan pertanian persawahan yang saat ini masih sedang dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat desa.

Dan bahkan pembangunan  drainase lingkungan pemukiman desa yang dapat berpungsi sebagai saluran irigasi persawahan sesuai harapan masyarakat.

"Maka proses pelaksanaan sampai progres penyelesaian kegiatan pekerjaan tersebut kita upayakan akan segera cepat selesai sesuai rencana waktu yang sudah ditentukan, supaya pemanfaatan drainase yang sedang dikerjakan dapat berpungsi sebagai saluran irigasi untuk memperlancar pengolahan areal lahan dimasa tanam padi saat ini,didesa lumban siagian julu,kec siatas barita,kabupaten tapanuli utara,provinsi sumut.

Kemudian kegiatan pekerjaan pembuatan drainase lingkungan pemukiman yang berpungsi sebagai saluran irigasi desa,dikerjakan sesuai perencanaan dan desain gambar ,juga berdasar spesifikasi maupun Rab kegiatan sebagaimana yang tercantum di plank papan informasi kegiatan swakelola desa yang dilaksanakan tim TPK kegiatan pembangunan infrastruktur desa,"ungkaonya.24/12(Amir)