EMPAT LAWANG [Bhayangkara.news] - Peresmian dan Launching objek wisata Cughup Ayek Degian Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang yang diresmikan langsung Bupati Empat Lawang H.Joncik Muhammad serta dihadiri seluruh pejabat penting se-Kabupaten Empat Lawang, Sabtu 25/12/2021.
Dalam peresmian objek wisata Cughup Ayek Degian Bupati mengucapkan banyak terima kasih kepada Hj. Hanna Gayatri, karena berkat usulan beliau maka pembangunan akses jalan menuju objek wisata Cughup Ayek Degian bisa seperti ini.
"Terima kasih atas kerja keras Ayunda Hj. Hanna Gayatri, berkat bantuan beliau yang merupakan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai PAN duduk di Komisi V, beliau merupakan kakak kandung Hatta Rajasa. akhirnya se-Sumatera Selatan hanya Kabupaten Empat Lawang yang mendapatkan bantuan dari kementrian Desa sebesar 500 juta pada tahun 2021 ini," kata Joncik saat membuka secara resmi objek wisata Cughup Ayek Degian.

Lanjut Joncik, kenapa Ayunda Hanna Gayatri bisa memperjuangkan Desa Sawah menerima bantuan karena dari 2000 an mata pilih di Desa Sawah, Hj. Hanna Gayatri bisa meraup 1.800 suara sehingga sangat wajar jika Hj.Hanna Gayatri selalu menomor satukan Desa Sawah maupun Kabupaten Empat Lawang umumnya.

Orang nomor satu di Bumi Empat Lawang Madani juga berharap, dengan adanya tempat wisata di Kabupaten Empat Lawang yang akan di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), nantinya akan menambah income (pemasukan-red) Desa dan jangka panjangnya bisa memakmurkan masyarakat sekitar.

Joncik juga berpesan agar keamanan para pelancong dijaga dengan baik, dengan cara memberikan pelayanan baik, bersikap ramah, maka para wisatawan akan terus berkunjung. Sehingga masyarakat sekitar bisa mendapat manfaat ekonomi  dengan berjualan maupun menjadi petugas parkir di objek wisata.

"Dengan mengucapkan Bismilahi Rohmani Rohim objek wisata Cughup Ayek Degian resmi saya buka," disambut tepuk tangan para pejabat dan masyarakat yang hadir.

PJ Kepala Desa Sawah Asyaari menyampaikan bahwa pembangunan akses jalan maupun fasilitas penunjang ke lokasi objek wisata Cughup Ayek Degian banyak tantangan, mulai dari jalan yang masih berlumpur dan ekstrim hingga banyaknya material yang hilang hanyut tergerus air hujan menjadi kendala saat pembangunan.
" Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik semua lapisan masyarakat Desa Sawah akhirnya dalam waktu Empat (4) bulan pembangunan Gasebo, Toilet maupun jalan cor beton sepanjang 720 Meter dengan lebar 1,5 Meter bisa selesai tepat waktu," ungkap Asyaari.(AW)