SUMATERA SELATAN
KOTA PRABUMULI[bhayngkar.news]-media membuktikan jika insan PERS dapat bersinergi dengan semua lapisan masyarakat atau golongan,

dengan bapak ketua
YAYASAN ARRAHMAN PRABUMULIH DARUSSALAM
BAPAK D.R.S AZHAR SYUKRI
DAN BAPAK HERYADI S.H
WAKIL KETUA
dan USTADZ EKO MP
SELAKU  DEWAN PEMBINA


berikut ini hasil wawancara yang kita dapatkan dari Nara sumber langsung
mengenai sejarah dan rencana rencana kegiatan ke depan nya
Sejarah menyatakan bahwa tersebarnya Syiar Islam  di Indonesia salah satu sebabnya adalah adanya 
Pesantren pesantren, yang dari Pesantren ini lahirlah Da’i-da’i baik tua maupun muda kemudian mereka turun ke masyarakat dengan cara pulang ke kampungnya masing masing.
Dan di kampung nya inilah mereka dengan Ilmu Agama yang mumpuni mengajarkan kembali Ilmu mereka kepada seluruh lapisan masyarakat. Untuk memperkuat pandangan masyarakat terhadap pentingnya  ilmu Agama maka para da’I tersebut membentuk suatu wadah perkumpulan yang disebut Majelis Taklim.
Majelis Taklim  merupakan sarana dan prasarana Dakwah yang sangat bagus sekali dan tepat sasaran bagi masyarakat sebab dengan adanya majelis majelis taklim masyarakat yang tidak pernah atau belum sempat mengenyam pendidikan Agama Islam dapat dengan mudah mengakses Ilmu ilmu apa saja yang dapat mereka pelajari,
seperti Ilmu Fiqih,Ilmu Tauhid, Tahsin Hijaiyah dan Ilmu ilmu Agama Islam lainnya.
Dewasa ini  keberadaan Majelis Taklim menjadi  suatu hal yang sangat penting karena majelis taklim merupakan ujung tombak satu satu nya basic pertahanan terakhir umat Islam dari ancaman buta ilmu Agama dan terlebih bahaya lagi ancaman radikal liberalisme dan pemurtadan Agama. Sejalan dengan itu Majelis taklim juga terus berupaya memperbaiki  dan meningkatkan diri dalam penanaman Ilmu dan penghayatan Agama secara mendalam. Keberhasilan pendidikan Agama islam
di Majelis majelis Taklim ternyata dapat dirasakan langsung  oleh semua kalangan masyarakat yaitu dengan banyaknya semangat juang para alumninya sehingga terlahirlah 
Majelis majelis Taklim yang serupa sebagai kunci dan solusi permasalahan umat saat ini.  
Adapun demikian dengan adanya Majelis Taklim WattadzkirAr Rahman Prabumulih,
lahir dan terbentuk dari rasa kepedulian terhadap saudara seiman yang memerlukan bantuan Ilmu pengetahuan Agama Islam.
Pada tahun pertama berdiri nya,
Majelis Ar Rahman Prabumulih berupaya memperkenalkan keberadaan nya melalui berbagai bentuk kegiatan seperti majelis zikir Ratibulhaddad serta berbagai majelis ilmu baik Ilmu fiqih dan ilmu baca Al quran,
mengikuti berbagai kegiatan keislaman di kota Prabumulih kemudian dalam berinteraksi dengan masyarakat Majelis Ar Rahman ikut berperan serta dalam pengajuan perubahan dari Langgar Al Ikhlas menjadi Masjid Al Ikhlas, dan mengajukan bantuan Rehab Masjid Al Ikhlas Seminung  Kelurahan Muaradua dan pada saat ini telah berjalan pengerjaan nya.
Pada tahun kedua, Majelis Ar  Rahman meningkatkan kegiatan dakwah dengan cara mengundang beberapa 
‘alim Ulama dan habaib baik dari kota Prabumulih maupun Kota Palembang guna menambah khazanah keilmuan agama Islam untuk jemaah majelis dan masyarakat kota Prabumulih. Disamping itu juga Majelis Ar Rahman berupaya mandiri  membangun ekonomi majelis dengan cara menjual  berbagai  produk kemasan seperti Bukhur (olahan Kulit Gahru),kopi bubuk, Parfum beraneka wewangian untuk sholat meskipun masih dalam ruang lingkup penjualan yang kecil.
Kini  Majelis Ar Rahman Prabumulih telah berusia 3 tahun dan  seluruh rangkaian kegiatan Syiar dakwah  Majelis Ar Rahman berjalansecara berkesinambungan. Alhamdulillah dalam perjalanan tahun yang ketiga ini Majelis Ar Rahman mengembangkan diri menjadi lembaga yang lebih luas lagi yaitu menjadi Yayasan Ar Rahman Prabumulih Daarussalam dan telah terdaftar di kemenkumham melalui salahsatu notaris  di kota Prabumulih dengan keputusan

kemenkumham No.AHU-0005340.AH.01.04 Tahun 2021 Sehingga majelis kini berada dibawah naungan Yayasan dan tidak hanya itu saja kini selain kegiatan Majelis, telah dirintis juga bidang pendidikan Islam yaitu Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Ar Rahman  dalam hal ini masih dalam pengusulan untuk mendapatkan izin operasional dari Kemenag kota Prabumulih,meski ruang lingkup belajar sementara masih memanfaatkan Markas Majelis Ar Rahman.
Majelis Ar Rahman senantiasa  berusaha  memberikan kontribusi riil bagi kemajuan syiar Agama Islam. Sesuai dengan arah dan tujuannya  tidak hanya menciptakan manusia yang cerdas secara intelektual tetapi juga bertujuan menciptakan manusia yang Bertaqwa kepada Allah SWT, beramal sholeh, berakhlakul karimah, berilmu dan beradab, serta Cinta Tanah Air dan Agama sehingga menjadi manusia yang cerdas secara moral dan spiritual. Majelis  Ar Rahman tampak dengan sendirinya tumbuh, berkembang dan sedikit banyaknya telah menyumbangkan berbagai macam bentuk studi Ilmu Keagamaan dan partisipasi Sosial Kemasyarakatan dalam bentuk aktifitas cultural yang berangkat dari sense of responsibility terhadap problem lingkungan sekitar.
Tahun ini,

19 Desember 2021 merupakan  kesyukuran Majelis Ar Rahman  dan merupakan Milad yang ketiga dan insyaAllah akan dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung Yayasan  Ar Rahman Prabumulih Daarussalam.
Adapun lokasi lahan pembangunan gedung tersebut merupakan hibah dari keluarga besar  Alm. Bpk H. A. Sulaidi bin Gungsur yang merupakan  jemaah dari Majelis Ar Rahman Prabumulih Daarussalam.
Dengan Peringatan Milad ketiga ini serta Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus peletakan batu pertama pembangunan gedung Yayasan Ar Rahman Prabumulih Daarussalam diharapkan dapat menjadi momen penting untuk mengajak masyarakat luas untuk lebih peduli dengan keberadaan keberadaan Majelis majelis Taklim yang ada di wilayah Kota Prabumulih dan  tentu saja dukungan dari Pemerintah Kota Prabumulih sangat dibutuhkan.
Sebab dengan perkembangan zaman dan perubahan sosial, tuntutan masyarakat terhadap output lembaga pendidikan khususnya Majelis Taklim lembaga pendidikan Islam akan semakin kompleks. Harus disadari bahwa Majelis Taklim merupakan suatu lembaga Pendidikan Islam yang menyalurkan salahsatu dari berbagai aspirasi masyarakat melalui pendidikan Majelis yang menekankan pada pembinaan mental dan pengajaran ilmu pengetahuan Agama Islam.

dalam kesempatan ini juga BAPAK (HERYADI S.H) 

MENYAMPAIKAN

Tujuan Kegiatan
Mensyukuri kenikmatan atas eksistensi Majelis Taklim Wattadzkir  Ar Rahman  yang pada usia ke-3 Tahun ini telah mengalami banyak perkembangan dan Kegiatan Dakwah.
Memperkuat Silaturrahmi antara Jemaah Majelis Ar Rahman dengan Jemaah  jemaah Majelis lainnya serta jemaah jemaah Masjid  di wilayah Kota Prabumulih.
Meningkatkan  peran dan kontribusi para jemaah Majelis Ar Rahman, baik secara individu maupun kelompok terhadap kemajuan Majelis , Kota Prabumuih dan Agama Islam.
Memperkenalkan Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Ar Rahman sebagai salahsatu tempat
 
menimba ilmu Agama Islam bagi anak-anak dan Remaja.
Landasan Kegiatan
Rapat Formatur Panitia pada Tanggal  06 November 2021
2. Restu dari Penasehat Majelis Taklim Wattadzkir Ratibulhaddad Ar Rahman Prabumulih.

Merealisasikan dan meningkatkan Program Majelis Taklim wattadzkir Ar Rahman Prabumulih pasca 3 Tahun berjalan Baik dari Segi Ekonomi dan Ilmu Keislaman bagi Seluruh Jemaah.

Nama Kegiatan

Milad ke-3 Thn Majelis Taklim Wattadzkir Ar RahmanKota Prabumulih dan Maulid Nabi Muhammad SAW Sekaligus Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Yayasan Ar Rahman”

Tema Kegiatan
Dengan Tarbiyah Islamiyah di Majelis Taklim dan Diniyah Awwailyah Dapat Mewujudkan Insanul  Kamil
Rangkaian Kegiatan
Peringatan Milad ke-3 thn Majelis Taklim Wattadzkir Ar Rahman Prabumulih  terdiri dari 
Acara Sesi Pertama 
Pembacaan Surat Al Fatehah Khusus untuk Para Guru dan Masyaikh yang telah wafat serta Alm/almh  Jemaah majelis yang telah wafat
Penampilan  Hadroh Gabungan dilanjutkan Pembacaan Maulid Al Barzanji serta Mahalul Qiyam
Doa Maulid 
Acara Sesi ke-2 
Pembacaan Ayat-ayat Suci Al Quran
Sambutan 
sambutan
Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW
Pemberian Piagam Penghargaan
Doa
Acara Sesi ke-3 ;
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Yayasan Ar Rahman Prabumulih Daarussalam
Jamuan Makan Siang

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Peringatan Milad Ke-3 Thn Majelis Taklim Wattadzkir Ar Rahman Prabumulih InsyaAllah akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal
Ahad, 19 Desember 2021 (14 Jumadilawwal  1443 H)
Waktu : Pukul 08.00 wib s/d Selesai
Tempat : 
Jl. Seminung Kelurahan Muara Dua Lapangan Samping SD Palm Kids

Pelaksana kegiatan Milad ini adalah seluruh anggota Majelis Ar Rahman Prabumulih dan masyarakat  lingkungan Jl. Seminung dan sekitarnya.

 Peserta Kegiatan
Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan adalah seluruh lapisan elemen masyarakat dari tingkat bawah sampai atas.

Kontribusi Dana
Adapun pendanaan untuk pelaksanaan kegiatan ini diperoleh dari  
Dana Sukarela dari Jemaah Majelis ArRahman
dan Bantuan dari Alumni alumni  Majelis ArRahman 
Donatur yang tidak mengikat baik dari pihak swasta, perseorangan maupun unsur Pemerintahan.
ujar nya

partisipasi masyarakat dan pemerintah tetap lah sebagai acuan untuk pelaksanaan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Milad Ke-3 Thn Majelis Taklim Wattadzkir Ar Rahman Kota Prabumulih”
dan sebagai bahan pertimbangan kerjasama dengan pihak pihak yang terkait.
Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan Majelis Ar Rahman Prabumulih dan dapat memberikan manfaat kepada Masyarakat Kota Prabumulih. Kami berharap dukungan moril maupun materil dari berbagai pihak untuk mensukseskan kegiatan ini.
Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan petunjuk.
Aaaamiiiin.
Atas segala perhatian dan dukungannya, kami sampaikan terima kasih untuk semua elemen masyarakat dan jajaran pemerintah kota prabumulih
ujar bapak (HERYADI S.H)

DAN  ustadz (EKO MP)

ada pun susunan panitia sebagai berikut
Ketua Panitia,
Heryadi, SH
Sekretaris,
Dedi Purwanto
Mengetahui,
Ketua Yayasan Ar Rahman Prabumulih Rois Majelis Ar Rahman Prabumulih
Drs. Azhar Syukri Ust. Eko MP

BHAYANGKARA.NEWS
[Deni - Rajab]
[trisula team]