TAPUT(Bhayangkara News),Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Program JKN-KIS bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Bernat Sibarani bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Tarutung (Senin, 06/12/2021). 

"Dengan adanya Penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi dan Rencana Kerja JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat) yang dilaksanakan merupakan wujud nyata sinergitas antara BPJS Kesehatan Cabang Sibolga dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sekaligus penerimaan penghargaan atas suksesnya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam Program JKN KIS.

Dalam hal ini Bupati Taput mengatakan nota kesepakatan sinergi dan rencana kerja ini menjadi pedoman pelaksanaan program JKN-KIS di Kabupaten Tapanuli Utara, baik untuk peserta penduduk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) Pemerintah Daerah maupun bantuan iuran peserta penduduk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Dan Bukan Pekerja (BP) mandiri dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas III yang terdaftar di fasilitas kesehatan tingkat pertama di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara.

"Maka kami atas nama pemerintah daerah Kabupaten Tapanuli Utara mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih karena BPJS Kesehatan Cabang Sibolga berkenan melakukan sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tentang optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional",  ujar Bupati mengawali sambutannya. 

Lanjut Bupati Nikson Nababan menyampaikan rasa bangga dan sekaligus mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada  BPJS kesehatan nasional dan tentunya BPJS kesehatan cabang sibolga untuk penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara atas dukungan terhadap program JKN-KIS

"Bahkan sampai Saat ini peserta PBPU dan BP yang ditanggung oleh pemerintah sudah 80,94% sampai bulan November 2021 sebanyak 259,432 jiwa. Adapun harapan Kabupaten Tapanuli Utara harus mencapai UHC atau Universal Health Coverange sebesar 95%. Maka dengan adanya kesempatan dan kerjasama ini akan mendorong percepatan Kabupaten Tapanuli Utara mencapai UHC yang diinginkan",  ujar Bupati Nikson mengakhiri.(Amir)

Selama ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sudah menjalin kerja sama dengan pihak BPJS dimana selama ini Kerjasama yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara berupa memberikan anggaran setiap tahunnya bagi peserta PBPU dan BP Pemeritah Daerah.

Turut mendampingi Bupati Taput Staf Ahli dan Asisten, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kominfo, beberapa pimpinan OPD dan Kepala Kantor Bpjs Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara Isabella Mayestorini Sianipar.

Red.
Kabiro Tapanuli Utara                                      [ AMIR Sauduran Hutabarat]