[Bhayangkara.news]-
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom hadiri penyerahan Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) di Aula A.E. Manihuruk, Rabu (22/12/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan Partai Nasdem dalam rangka Dengar Pendapat Masyarakat oleh Martin Manurung, anggota MPR RI Fraksi Partai Nasdem Dapil Sumatera II.
Kegiatan ini dihadiri perwakilan kelompok tani dan masyarakat penerima bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)/CSR BUMN, para siswa penerima bantuan beasiswa PIP, pengurus partai dan anggota DPRD Samosir dari partai Nasdem. 

Martin Manurung mengatakan bantuan ini merupakan hasil dari tugas yang dia laksanakan sebagai anggota DPR yaitu menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. 

Untuk bantuan TJSL, Kabupaten Samosir mendapat Rp 297.000 dari BUMN dalam bentuk alat-alat pertanian dan sudah direalisasikan. Untuk beasiswa PIP, Samosir 66 siswa, Labura 47 siswa, dan Toba 46 siswa. Samosir mendapat yang tertinggi sekitar 31% karena pengelolaan Data Pokok Kependidikannya (Dapodik) paling bagus, kata Martin.

Secara angka, lanjut Martin, Samosir mendapat beasiswa PIP sebesar Rp 42.900.000 dengan rincian SD 37 siswa (Rp 450 ribu/siswa); SMP 11 siswa (Rp 750 ribu/siswa); SMA 14 siswa (Rp 1 juta/siswa); dan SMK 4 siswa (Rp 1 juta /siswa). 

Secara keseluruhan, selama tahun 2021, Martin Manurung telah menyalurkan bantuan lebih kurang sebesar 1.3 miliar rupiah sejak dilantiknya Vandiko Timotius Gultom sebagai Bupati Samosir April lalu.

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan terima kasih kepada Martin Manurung atas kegiatan penyerahan bantuan TJSL dan Beasiswa PIP. “Martin Manurung merupakan satu-satunya anggota DPR yang benar-benar memberikan perhatiannya ke Kabupaten Samosir,” kata Bupati menegaskan.

Selain itu, Bupati meminta Martin Manurung sebagai anggota DPR memobilisasi bantuan-bantuan ke Samosir terutama pada bidang pertanian karena lebih dari 60%  penduduk Samosir adalah petani. Bupati berharap Martin Manurung dapat memberikan bantuan berbagai bibit tanaman kepada para petani di Kabupaten Samosir. 

Bupati juga menjelaskan bahwa bantuan ini mendukung Pemerintah Kabupaten Samosir untuk mewujudkan visinya yaitu mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. 

“Saya juga berharap Martin Manurung juga dapat membantu Pemerintah Kabupaten Samosir dapat berkordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Kementerian untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Samosir,” kata Bupati memohon.

Di akhir kegiatan, Martin Manurung juga mengadakan live video conference dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menyapa masyarakat Samosir penerima bantuan dan seluruh peserta kegiatan.(Ambrosius)