Bhayangkara.news

BIN Daerah Jabar Gelar Vaksinasi Massal Lanjutan di Cikembar dan Nagrak Kabupaten Sukabumi.

Sukabumi - Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Jawa Barat kembali menggelar vaksinasi massal di Kabupaten Sukabumi. Saat ini, daerah yang terpencil menjadi sasaran dari program tersebut, Senin (29/11/2021).

Vaksinasi massal yang di gelar BIN menyasar masyarakat di tiga desa kecamatan Cikembar yakni desa Kertaraharja, desa  Sukamaju dan desa Bojongkembar. BIN menargetkan 1100 dosis vaksin Moderna dan Pfizer.

Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Jawa Barat Brigjen TNI Agus Purwanto menjelaskan, target gebyar vaksinasi yang dilakukan BIN di kecamatan Cikembar yakni  desa Kertaraharja 500 dosis, Sukamaju 500 dosis dan Bojongkembar 500 dosis.

"Ini sebagai upaya untuk mengejar target cakupan vaksinasi, guna mempercepat terbentuknya kekebalan komunal atau herd imunity. Ini adalah upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi," kata Kabinda Jabar tersebut.

Agus juga menambahkan, pemerintah terus berupaya  mempercepat cakupan vaksinasi 70 persen pada Desember 2021 nanti.  Ia juga meminta masyarakat agar tidak takut untuk divaksin Covid-19, karena selain membentuk kekebalan komunal, juga dapat meminimalisir dampak virus Corona.

"Namun perlu diingat juga, meski kita sudah di vaksin, protokol kesehatan 5M harus tetap dijaga dan diterapkan. Seperti diantaranya mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan dan menjaga jarak," ujar jendral TNI bintang satu ini.

Selain melakukan vaksinasi tersentralisir di pos yang sudah ditentukan, BIN juga melakukan vaksinasi door to door. Hal ini dilakukan untuk melayani vaksinasi masyarakat yang kesulitan datang ke sentra vaksin maupun yang berada di daerah terpencil.

"Agar semua masyarakat dapat di vaksin, terutama masyarakat yang berada di wilayah terpencil, kami juga melaksanakan secara door to door," jelasnya.

Selain melakukan vaksinasi di tiga desa kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, BIN menjadwalkan gebyar vaksinasi pada Selasa (30/11/2021) di dua desa lainnya, yakni desa Cikembar 500 dosis dan Desa Sukamulya 500 dosis.

BIN juga menjadwalkan vaksinasi di enam titik sentra vaksin (aula desa) di kecamatan Nagrag kabupaten Sukabumi, dengan total sasaran 1200 vaksin Pfizer dan Sinovac.

Suwandi (49) salah salah satu warga Bojongrahaja menyatakan terimakasihnya kepada pihak BIN yang turut mengadakan vaksinasi.

“Dulu saya takut di vaksin karna berita-berita hoax masalah vaksin, Alhamdulillah sekarang sudah gak takut dan sudah di vaksin, haturnuhun pisan,” ujarnya.

bhayangkara.news Jawa Barat
RED [ Dani Ramdan ]