DESA BERSINAR, Desa Rantau Panjang Ditetapkan Sebagai Kampung Tangguh Bersih Bebas Narkoba. - Bhayangkara News

Bhayangkara News

TEGAS-OBJEKTIF-PEMBERITAAN

test banner

Post Top Ad

SELAMAT HARI PERS NASIONAL 9/2/2021

DESA BERSINAR, Desa Rantau Panjang Ditetapkan Sebagai Kampung Tangguh Bersih Bebas Narkoba.

Share This

 

DELI SERDANG, [Bhayangkara News] – Desa Rantau  Panjang  Kecamatan  Pantai Labu  Kabupaten Deli Serdang dilaunching sebagai Desa Kampung  Bebas Narkoba (28/1/2019)  dan tahun ini (12/02/2021) akhirnya ditetapkan sebagai Desa BERSINAR ( Bersih dari Narkoba ).


M. Yusni adalah Kepala Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu yang berjasa mengubah wajah desanya yang semula sebagai kampung narkoba menjadi Desa Bersinar (bersih narkoba). Kisahnya menarik, karena dulunya dia adalah seorang bandar narkoba yang kemudian mendapat hidayah dari keyakinannya untuk banting setir menjadi motor terdepan sebagai penggerak program P4GN di desanya sehingga pada 2019 lalu dicanangkan oleh Pangdam I Bukit Barisan sebagai Desa Bersinar pertama di Kabupaten Deli Serdang. Tantangannya tak mudah. Ia pernah dilaporkan karena membubarkan acara hiburan tak senonoh di desanya yang berujung pada vonis satu bulan penjara.


Dan sebelumnya juga pernah juga dilaporkan atas kebijakan kontroversial peraturan desa untuk warganya yang akan melakukan akad nikah harus terlebih dahulu tes urine, akhirnya banyak warganya yang protes karena sulitnya untuk menikah atas kebijakan kepala desa tersebut.

Mengingat mereview Safwan Hayat pernah menjelaskan (23/1/2019) di Aula  Kantor BNN Deli Serdang di Lubuk Pakam pada saat  dilaunchingnya Kampung Bebas Narkoba ini  adalah menindak lanjuti arahan Pangdam I/ BB untuk memilih Desa Rantau panjang  sebagai Desa Kampung Bebas Narkoba, karena daerah Desa Rantau Panjang  memiliki garis pantai  yang cukup luas dan dianggap memiliki pelabuhan –pelabuhan kecil atau pelabuhan tikus  tempat masuknya  narkoba, dimana sebelumnya juga telah dilakukan penelitian terlebih dahulu,dan berkordinasi dengan Instansi terkait, dari hasil data bahwa daerah Kecamatan Pantai Labu  ternyata  banyak terjadi  kasus  narkoba, khususnya di Desa Rantau Panjang.


Dalam melanjuti Program Kampung Bersih Narkoba  pihak BNN,Kodim, Polres Deli Serdang, Instansi terkait bersama Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat  melakukan rapat koordinasi dan menyatukan  sinergiritas termasuk  Muspika Kecamatan Pantai Labu yang  memang  bersemangat  untuk hal ini,sudah  menyatakan  sama –sama  bertekad agar  operasi  ini  berjalan dengan baik, terarah,terukur dan berkesinambungan hingga tuntas disamping  akan dilakukan pembinaan dan  berbagai pelatihan sehingga  generasi akan terhindar dari narkoba, dan bila masih ada lagi yang tidak  mengindahkan perintah ini dan masih  melakukan peredaran  narkoba atau menjadi  bandar akan kita sikat habis, ini sudah  tekad bersama. Tegas  Safwan Hayat. Pada saat itu.   


Hingga hari ini semangat  Kepala Desa Rantau Panjang tak berhenti untuk pergerakan membatasi peredaran narkoba di kampungnya, hingga akhirnya pemerintah mendukung program-program M. Yusni (12/3/2021) untuk menetapkan Desa Rantau Panjang (DRP) sebagai Pilot Project  DESA BERSINAR mewakili Provinsi Sumatera tahun 2021.

Pertemuan Penetapan DRP sebagai DESA BERSINAR  dilaksankanakan di BNN Kabupaten Deli Serdang yang turut hadiri mengikuti rapat penetapan dari Pemerintahan Desa Rantau Panjang, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Rantau Panjang, Kepala BNNK  beserta Jajaran, Perwakilan BNNP Sumatera Utara, Perwakilan Kesbangpol, Perwakilan PMD, Ketua BPD Desa Rantau Panjang, Ketua LPM Desa Rantau Panjang, Agen Pemulihan Desa Rantau Panjang, Perwakilan Puskesmas Kecamatan Pantai Labu. [Red/BN099]

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

SELAMAT HARI PERS NASIONAL 9/2/2021

Pages