POLSEK PACET BENTUK DA'I KAMTIBMAS - Bhayangkara News

Bhayangkara News

TEGAS-OBJEKTIF-PEMBERITAAN

test banner

Post Top Ad

SELAMAT HARI PERS NASIONAL 9/2/2021

POLSEK PACET BENTUK DA'I KAMTIBMAS

Share This

 

CIANJUR, [Bhayangkara.News]  Kepolisian sektor (Polsek) Pacet bersama para ulama di lingkungan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pacet, Kabupaten Cianjur bersinergi dan siap menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di awal tahun 202.

Hal tersebut dilakukan selepas dibentuknya program bersama Da’i Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pacet sejak beberapa bulan kemarin.

Kapolsek Pacet AKP Galih Apria. SIK. MSI. MIK mengatakan, demi mewujudkan harkamtibmas khususnya di wilayah Pacet dan Cipanas, Polri-TNI bersama para ulama dan unsur lain telah membentuk Da’i Kamtibmas.

Meski umurnya baru dua bulan, pihaknya menantang da’i Kamtibmas ini sebagai pelopor daripada mendukung program alternative dispute resolution Polsek Pacet.

“Jadi artinya tidak semua permasalahan itu harus diselesaikan secara hukum di meja pengadilan, tapi jika ada perselisihan di masyarakat misalnya perkelahian keluarga dan sebagainya, para ulama bisa menjadi jembatan solusi untuk melakukan preventif permasalahan itu,” tutur AKP Galih  pada Rabu 6/1/21.

Termasuk, pelaksanaan Da’i Kamtibmas itu sendiri, kata AKP Galih, memiliki peran di lapangan untuk menjadi partner kepolisian dan mengawasinya agar para petugas bisa mengemban amanah dan melayani masyarakat lebih serius.

“Jadi Da’i Kamtibmas yang kita bentuk ini benar-benar menjadi problem solving daripada masyarakat khususnya di wilayah Pacet dan Cipanas,” ungkapnya.

Meski begitu, AKP Galih mengakui bahwa tindak kriminalitas itu pasti selalu ada. Sebagai salah satu contoh yang yang telah dikerjakan adalah kasus pencurian kendaraan roda dua dan empat.

“Jadi kami polisi bersama unsur lain dalam hal ini secara teori di lapangan sering melakukan patroli demi menahan ataupun mencegah daripada seseorang untuk berbuat perilaku yang dapat berimbas pada hukum,” ujarnya.

Tak lupa, Kapolsek pun sangat mengimbau kepada masyarakat, bahwa yang menjadi tolak ukur paling utama adalah pribadi masyarakat itu sendiri. Salah satu contohnya adalah dengan tetap waspada memarkirkan kendaraan secara baik. Menggunakan kunci ganda, dan menempatkan kendaraan secara benar.

“Itulah sebenarnya patroli yang betul-betul harus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat. Termasuk warga pun mempersilahkan jika mengetahui peredaran dan tindak kriminalitas, silahkan informasikan kepada kami. Kami akan segera menindaklanjuti hal itu,” jelasnya.

Ketua MUI Kecamatan Pacet, KH Ade Muchlis menyatakan, antara MUI bersama Kapolsek telah membentuk Da’i Kamtibmas agar kepolisian dalam melaksanakan tugasnya bisa terbantu.

“Jadi tugas kita semua bisa sama-sama terpantau. Termasuk seluruh jajaran MUI Kecamatan Pacet pun bisa melayani keumatan di bidang keagamaan dan lebih bersinergi dengan unsur forkopimcam untuk menjalankan tugas dengan tupoksinya masing-masing,” pungkasnya.  [HAG-050]

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

SELAMAT HARI PERS NASIONAL 9/2/2021

Pages